JAKARTA | otomotifnet, Dilihat dari fungsinya, fog lamp punya peranan penting saat perjalanan malam hari. Sebetulnya fungsi utamanya bukan hanya bisa digunakan saat kondisi cuaca hujan atau berkabut saja.

Tapi fog lamp cukup membantu dalam hal penerangan, -bagian bawah-, dengan pancaran sinar yang lebih lebar. Hal tersebut sangat membantu saat melalui jalanan kecil maupun berlubang, yang tidak ter-cover lampu utama. 


Dari jenis bohlamnya juga berbeda-beda. Ada yang menggunakan tipe H1, H3, HB4, atau bahkan H11. Untuk dua tipe terakhir, biasanya bohlamnya lebih awet, karena mempunyai ring karet yang membuat relatif lebih tahan goncangan. Selain itu, tipe ini juga lebih aman terhadap uap air atau kelembaban dalam fog lamp. 

Untuk pemilik new Mazda2 tipe S yang ingin memasang fog lamp, sekarang sudah ada yang menjual paketnya. Seperti yang dilakukan Willy, salah seorang member M2Unity. Willy memasang poduk Esuse seharga Rp 1 juta, sudah termasuk wiring set, switch dan juga cover bumper fog lamp pada mobil kesayangannya. Willy pun menambahkan kalau produk yang ada di dealer hampir sama dengan produk yang dia gunakan sekarang. 

Untuk pemasangannya, produk yang masih diimpor dari Taiwan ini harus memotong plastik yang ada di bumper untuk dudukan fog lamp-nya. Mela dari toko Auto Mania di bilangan Cempaka Putih, Jakarta Timur, menyebutkan kalau pemasangannya hanya membutuhkan waktu 1,5-2 jam saja. 

“Karena semua switch dan kabel set sudah disediakan, pemasangannya tinggal plug and play saja, jadi pengerjaanya relatif cepat,” ungkapnya. 

Cara Pemasangan 
Sebetulnya, pemasangannya tidak terlalu sulit, namun Anda tidak bisa mengerjakannya sendiri. Paling tidak membutuhkan montir yang mengerti letak baut-baut (kancing) saat membuka bumper. Untuk pemasangannya membutuhkan waktu sekitar 1,5-2 jam saja. 

1. Lepaskan bumper depan. 
2. Potong plastik hitam yang ada di bumper depan sebelah kanan dan kiri tempat fog lamp akan diletakkan. 
3. Setelah plastik terlepas, pasang rumah fog lamp pada bumper pada 3 dudukan yang sudah tersedia. 
4. Selanjutnya pasang kabel set yang juga sudah disediakan. Pasang switch yang diletakan di bawah kisi-kisi A/C sebelah kanan. 
5. Setelah semua selesai, pasang kembali bumper seperti semula. Jangan lupa pasang cover plastik untuk menutupi rumah fog lamp

 Property by: Automania Ruko Mega Grosir Cempaka Mas Blok D1/17 Jl. Letjen. Suprapto, Jakarta Pusat Tlp. (021) 42906717