SURABAYA | BosMobil.com - Sirkuit internasional Laguna Seca dan Mazda2 memang sangat memiliki arti penting bagi Kevin Kurnia Setiawan. Menurutnya, kedua hal tersebut sangat erat kaitannya, sehingga menjadi inspirasi Kevin Tan (panggilan akrabnya) dalam menerapkan modifikasi pada Mazda2 miliknya.

The Laguna Two, itulah panggilan dari Kevin Kurnia Setiawan untuk besutan stylish yang bertabur cutting sticker bernuansa lintasan balap. “Nama Laguna Two diambil dari nama sirkuit Laguna Seca dan Mazda2.








Yang ditonjolkan dari mobil ini adalah sticker 3D yang menjadi base concept mobil. Sirkuit yang terletak di Amerika ini dipilih karena satu-satunya raceway yang disupport oleh Mazda,” ungkap Kevin. Kevin juga tak mau asal dalam pemilihan warna. Ia memakai warna turunan dari logo Mazda Laguna Seca.






Sebagai aksen, selain menerapkan gradasi Kevin juga menambahkan efek layaknya mobil Rally WRC yang penuh percikan lumpur dan salju. Sementara untuk konsep cutting sticker yang diterapkan, Kevin sampai harus rela merogoh kocek Rp. 12 juta untuk pengerjaan rumit serta bahan yang berkualitas.

Dalam menyelaraskan konsep modifikasi street racing, semua sektor-pun tak luput dari garapan kreatif anak muda yang satu ini dengan melakukan make over serta meng-custom add-on front-rear bumper, side skirts dan engine hood agar tampilan terlihat berbeda. Jika diamati, tatapan Mazda2 ini terlihat begitu tajam berkat penambahan eyelid dan head lamp bagian dalam yang di-custom dengan pengaplikasian projector lamp. 



Membenahi sektor kaki-kaki agar pijakan lebih rigid, Kevin menggunakan pelek Volk Rays CE28 berukuran 17 inchi dengan finishing repaint orange dan dilapisi ban berprofil 205/45-R17. Per TEIN diaplikasikan agar terlihat lebih ceper. 

Meskipun tampang Mazda2 ini terlihat lebih gahar, tapi jika masuk ke dalam kabin suasana friendly siap menyapa siapa saja. Aura racing dari jok semi bucket serta jajaran tabung indikator yang bercokol diatas dashboard terlihat begitu menyatu dengan perangkat audio yang terintegrasi di dalamnya. 


Sektor audio memang menjadi salah satu konsen Kevin Tan dalam menggarap The Laguna Two. Keseriusan tersebut dibuktikan dengan hasil akhir yang begitu terlihat apik dalam hal produksi suara maupun placement. Mengusung konsep audio sound quality loud (SQL), Kevin mempercayakan head unit Alpine CDA-9887 sebagai sumber suara yang langsung disambut speaker 2 way di bagian depan.




Di bagian bagasi sudah siap bercokol 2 unit subwoofer untuk mengisi frekuensi rendah kemudian ditemani 2 unit speaker coaxial agar nuansa semakin hidup. Urusan pengatur daya agar semua pengeras suara mengeluarkan alunan serta dentuman dengan maksimal, diserahkan kepada 2 power amplifier dengan label uDimension. 

Berbicara street racing, apa lagi nama yang disandang berbau sirkuit rasanya tidak sah bila diwujudkan hanya dari tampilan maupun interior saja. Mesin MZR 1.5L bawaan Mazda2 yang memproduksi tenaga sekitar 103 HP tak lantas membuat pria asal Surabaya ini puas begitu saja. Sejumlah part racing diadopsi demi mencapai peningkatan tenaga yang maksimal. 

Layaknya manusia bernafas, asupan oksigen ke dalam ruang bakar yang tersedot oleh lubang hisap haruslah bersih dan banyak untuk kebutuhan pembakaran lebih nendang. Untuk itu, pria yang gemar fotografi ini menggunakan filter udara racing berjenis open dengan label HKS ditambah pipa yang telah di-custom. 

Untuk mengoptimalisasi kecepatan serta kelancaran aliran gas buang dari kepala silinder, Kevin Tan mengganti header standar dengan Kansai berkonfigurasi 4-2-1 lengkap dengan front pipe, resonator, dan muffler dari merek yang sama. Kemudian otak mobil alias ECU dijembatani oleh Dastek Unichip untuk mengoptimalkan timing. 





Alhasil, setelah melakukan Dyno test, Kevin menuturkan tenaga yang dihasilkan mampu terdongkrak hingga 135HP.










SPEC : 
ENGINE :

- Kansai Header 4-2-1

- Kansai Front Pipe

- Kansai Center Pipe/Resonator

- Kansai Muffler
- Simota Oil Cooler

- DASTEK Unichip Type Q+ With Throttle Module

- HKS Open Air Filter With Custom Piping 

- Pivot Raizin Volt Stabilizer

- Pivot Ground Wire

- Cusco Oil Catch Tank 

EXTERIOR :

- Custom Add
-on Front Bumper, Rear Bumper, and Side Skirts

- Custom Grille
- Custom Rear Spoiler

- Custom Hood
- LED Stoplamp & Reflectors

- Custom Eyelid
- Custom Headlamp

- Dual Bi-Xenon Projectors

- Foglamp HID Gartner

- Mazdaspeed Emblem

- Full Body 3D Cutting Sticker 

ROLLING STOCK & SUSPENSION SYSTEM :

- Volk Rays CE28 17" Repainted Orange

- Achilles ATR Sport 205/45-R17

- TEIN S-Tech Lowering Kit

- Endless Brake Pad Cover

- Titanium Lugnut 

INTERIOR :

- BRIDE Ergo Black

- Rear Seats Bekleed MBTech + Doortrim

- Momo Gotham Shiftknob
- Type R Pedal Set

- Mazda2 Original Accessory Sill Plate

- Defi Blackface Tachometer

- Defi Blackface Water Temp

- Defi Blackface Voltmeter

- Frame Head Unit 2-Din 

AUDIO :

- Head Unit Alpine CDA-9887

- Dominations Midbass

- Dominations Tweeter

- uDimension Power (2pcs)

- JL Audio Subwoofers (2pcs)

- Strike coaxial 6" 

 Teks/edit/foto : riyan/DO/riyan