JAKARTA | BosMobil.com, Fian Diyah memang banyak mengadopsi gaya modifikasi dari luar negeri, namun tak melulu lupa dengan budaya tanah leluhurnya. Gaya hellaflush ditambah audio ber-genre sound quality loud (SQL) dipadukannya dengan balutan kain Batik dari provinsi Jambi.

“Hellaflush sedang booming dan tingkat kesulitannya lumayan tinggi. Dan tentunya ini menjadi tantangan, sekaligus pengen kombinasikan dengan budaya sendiri,” tukas Fian, pemilik Mazda2 ini.






Kejar Best Super Hero 
Sebenarnya menggunakan cutting sticker bertemakan super hero bukan menjadi agenda utama pria yang hobi bermusik ini. “Pengen stiker Batik Jambi, tapi waktunya gak keburu, jadi Hulk aja, yah hitung-hitung sekalian ngejar best super hero di kontes,” ucap Fian. 







Custom Sepuluh Velg Jadi Empat Velg 
Urusan membangun kaki-kaki dengan aliran hellaflush memang menjadi pilihanya, begitupun pilihan ‘gokil’ yang dilakoni Fian dengan membuat velg sendiri. “Untuk membuat velg seperti ini, gue pakai 10 unit velg kaleng milik Daihatsu Terios, kemudian di-custom menjadi lebih lebar. Yang dipakai cuma 4 unit, lalu yang 6 unit dikorbankan,” ungkap Fian. 





Alhasil jadilah velg yang layak dijodohkan kepada gaya hellaflush berdiameter 16 inci dengan lebar 8,5 inci (ET 25) di depan dan 10 inci (ET 0) di belakang. Biar tambah serasi untuk disandingkan Mazda2 miliknya, sebagai finishing disiram cat berwarna hijau menyala. 

Kesan hellaflush pun dibantu dengan ubahan seputaran kaki-kaki. Detail-nya, pemotongan per sebanyak 5 ulir dan chamber yang di-custom supaya ‘miring’. 

Motif Batik Jambi
Untuk memperkenalkan budaya Jambi melalui modifikasi, Fian melapisi sekujur interior Mazda2-nya dengan batik khas Jambi. “Motifnya Angso Duo dan perahu khas Jambi Kajang Lako,” terangnya. Biar nuansa kota kelahiranya semakin kental, ditambah bordir logo Pemda Jambi. 



























Suara Jernih Dan Kencang 
Fian sudah jatuh cinta pada konsep audio SQL, lantaran aliran ini menurutnya enak didengar dan bisa juga buat ‘kenceng-kencengan’. “Spesialnya lagi, suara vokalnya yang istimewa karena menggunakan 4 set speaker merek Venom membuat suaranya terdengar jernih,” tambahnya. 




Data Modifikasi Mazda2 
Eksterior : Bemper Custom, Cutting Sticker Hulk Custom. Kaki-kaki : Velg Kaleng Terios Custom 16x(8,5+10) inci, Ban Accelera 195/45R16, Per Custom, Chamber Custom. 

Interior : Full Batik Jambi. Audio : Speaker Venom Intelligent, Speaker Venom Black, Speaker Venom Diablo, Subwoofer Venom, Power Venom Diablo, Power Venom Silver SII Monoblock, Capasitor Bank Venom. 








 Teks/edit/foto : riyan/daniel/riyan

Source: Bosmobil