JAKARTA | otomotifnet, Volt meter sering dianggap sepele. Sebetulnya, alat ini sangat membantu dalam memantau kondisi battery atau aki. Apalagi, di mobil injeksi yang punya beberapa actuator seperti idle speed control, injektor dan koil butuh suplai listrik tidak kurang12 V. Kondisi battery yang kurang maksimal, akan berdampak kurang maksimal kerja actuator tersebut. Paling enak sih, bisa jadi pedoman bagi pemilik kendaraan kapan waktunya harus ganti aki.

Tak mesti repot-repot, pasang volt meter bisa dikerjakan sendiri kok. Caranya cukup mudah dan sesuai isi kantong, tidak sampai Rp 300 ribu. Keuntungan lain, kabin tambah keren dengan adanya angka voltase yang fluktuatif. Cocok untuk yang senang tampilan racing. OTOMOTIF memasangnya pada Mazda2 keluaran 2010 milik Memet Firdaus. Alat yang dibutuhkan hanya Pivot V Capa (gbr.1), isolasi kabel dan cutter atau tang potong. 

Pertama-tama, tarik karet pintu dekat pilar A supaya kabel dapat diselipkan ke samping dasbor (gbr.2). Lalu kupas sedikit kabel asli bawaan dari Pivot V Capa, kabel merah untuk kutub positif dan kabel hitam untuk kutub negatif. 

Tarik kick panel yang ada di pojok kanan bawah, samping pedal gas. Di situ akan terlihat banyak kabel, kabel positif kunci kontak ada di pojok kanan atas, soket berwarna biru. Kupas sedikit kabelnya, lalu hubungkan dengan kabel positif dari Pivot V Capa (gbr.3). 

Untuk menghubungkan kabel negatif di soket biru, sudah terdapat kabel ground berwarna pink di pojok kiri bawah soket tersebut. Cara yang sama tinggal di-jumper saja seperti menghubungkan kabel positif V Capa (gbr.4). “Khusus kabel ground sebetulnya bisa juga dihubungkan ke baut yang menempel langsung ke sasis mobil, tinggal cari yang terdekat jaraknya, sesuai panjang kabel,” ujar pria 30 tahun ini. 

Pivot V Capa sudah bisa berfungsi ketika kunci kontak pada posisi ON. Jangan lupa merapihkan kabel yang dikupas tadi dengan isolasi kabel supaya tidak terjadi short atau korsleting. Pasang kembali kick panel dan karet pintu di pilar A. Terakhir tinggal atur penempatan yang mudah dilihat dan pakai double tape supaya kuat menempel di dasbor. 

Ingin pasang di mobil lain? “Gampang kok, prinsipnya sama saja, tinggal mencari kabel positif kunci kontak dan kabel ground menggunakan obeng tes,” terang pria yang hobi utak atik wiring mobil.