JAKARTA | M2Unity, Ban pengganti atau biasa disebut ban serep adalah salah satu bagian perangkat keamanan terpenting pada mobil Anda. Dimana saat terjadi kebocoran pada salah satu ban mobil kita, maka karet bundar cadangan ini sudah pasti sangat dibutuhkan dan harus siap selalu untuk digunakan. 

Nah ikuti tips berikut bagaimana cara merawat agar ban ini selalu dalam kondisi prima dan menggantinya.

a. Periksa selalu tekanan angin. 
Untuk memastikan bahwa ban cadangan ini selalu siap untuk digunakan. Salah satunya adalah memastikan agar selalu mengecek tekanan angin ban serep kita minimal sebulan sekali dengan alat pengukur tekanan angin ban. 

Jika tekanan angin ban tidak sesuai dengan spec kendaraan yang digunakan, maka tambahkan segera pada tempat pengisian angin ban, yang biasanya dapat kita lakukan di toko ban atau pompa bensin. 

Dan sebaiknya, karena frekuensi penggunaan ban serep ini yang sangat rendah, disarankan tekanan anginnya dinaikkan hingga 2 psi diatas spec pabrik. Agar saat tidak digunakan pengempisan yang secara perlahan - perlahan ini akibat penguapan tidak terjadi. 

b. Periksa selalu kondisi ban serep. 
Demi keamanan berkendara, pastikan selalu bahwa kondisi ban serep pada mobil kita selalu dalam kondisi prima.

Jika sudah terlalu banyak tambalan dan kembangnya sudah sangat tipis, sebaiknya diganti dengan yang baru, karena kondisi ban serep yang sudah tidak lagi layak untuk digunakan dapat menyulitkan kita, saat harus digunakan pada kondisi -kondisi tertentu. 

Dan bagi yang ban serepnya menggunakan jenis ban ukuran kecil atau dikenal juga sebagai ban donut untuk mengurangi berat dan tempat peyimpanan, sebaiknya penggunaan ban tersebut hanya dibatasi untuk jarak pendek, sekitar 80 km, demikian dengan kecepatan kendaraan, maksimal 80 km/jm. 

c. Pastikan selalu kunci- kunci untuk mengganti ban serep lengkap. 
Agar mempermudah kita saat ban harus diganti. Pastikan selalu bahwa kunci - kunci pada mobil kita selalu lengkap, seperti dongkrak, kunci roda serta alat bantu lainnya. 

Kadang untuk beberapa jenis kendaraan, untuk mengeluarkan ban candangan perlu beberapa langkah dan beberapa alat. Seperti pada Mazda CX-5, kita membutuhkan tuas dongkrak untuk mengengkol demi menurunkan ban cadangan. 

d. Sediakan sarung tangan anti slip.
Dan satu tips tambahan adalah sediakan sarung tangan anti slip yang biasa dijual di toko-toko bangunan.

Sarung tangan ini sangat berguna jika kondisi mendesak saat kita harus mengganti ban dalam keadaan hujan. Agar handgrip saat menggunakan tuas tidak licin. Dan proses penggantian dapat dilakukan dengan cepat.


e. Lampu Senter Headlight
Sediakan juga lampu senter yang dapat dipasangkan di kepala. Alat ini sangat berguna saat kita harus mengganti ban saat keadaan gelap gulita, dan kita sedang sendirian.

Mencari alat dongkrak, melepas dan memasang baut roda dapat dilakukan dengan mudah.






f. Penggantian ban. 
Terlebih dahulu sebelum kita mengganti ban, sebaiknya tempatkan ban cadangan dekat ban kempes untuk memberikan support sebagai penahan bodi kendaraan.

Dan langkah berikutnya, kendurkan mur - mur roda pada ban kita dengan cara menarik tuas ke atas atau berlawanan arah jarum jam. Setelah itu tempatkan dongkrak pada titik pendongkrakan dengan jarak sekitar 5 cm dari tanah seperti yang tertera pada buku manual. 

Baru langkah terakhir ban diganti, dengan meletakkan ban yang kempis sebagai support penahan bodi, dan setelah dongkrak diturunkan pastikan saat ban baru sudah terpasang, kencangkan mur roda satu per satu secara bersilangan.

Teks: Admin
Foto: Berbagai sumber