AUTOBILD | JAKARTA. Salah satu mobil anyar di Indonesia adalah Mazda2 Skyactiv. Mobil ini punya tampilan keren dan sangat menggoda untuk didandani. Nah, Auto Bild mau kasih tips mengganti pelek Mazda2 terbaru ini.
Mazda2 terbaru dari pabrik dibekali pelek berdiameter 15 inci dengan lebar 5,5 inci. Pelek ini mempunyai offset +50. Ban yang dipakai membalut pelek ini berukuran 185/65R15. 

Bila ingin upgrade pelek, pemilik Mazda2 bisa pakai teknik "plus one" atau "plus two". Ini berarti menaikkan diameter velg dan ban 1 inci dan 2 inci dari ukuran standar. Jadi maksimum mengganti pelek dengan ukuran 17 inci. 
Maksimum naik 2 inci ada alasannya. Utamanya di soal safety seperti agar ban tidak mentok sokbreker dan fender, kerja rem tetap optimal dan outside diameter atau tinggi ban tetap sama. Jadi aspek gaya dan safety bisa didapat bersamaan. 

“Sebenarnya, cukup ganti pelek standarmu dengan ring 17 lebar 7,5 inc dan offset +45 tampilan udah oke kok,” jelas Dwi Parileksono, PR Expert PT Mazda Motor Indonesia kepada Auto Bild. 

Tampilan Mazda2 terbaru yang sporty sangat cocok pakai pelek racikan Jepang. Contohnya Enkei, Ray’s Engineering (biasa dikenal Volk Rays), dan Watanabe. Walau begitu, pakai pelek gaya elegan juga bisa saja. Bisa ambil pelek buatan Euroline, BBS, dan Linea.

Source: Autobild