JAKARTA | Otomotifnet, Jangan kaget kalau Anda kebetulan bertemu dengan Mazda2 Skyactiv 2015 kelir putih ini, yang jok penumpangnya bisa bergeser keluar. Ritchie Bestianto si pemilik kendaraan keluaran 2015 A/T ini, memang sengaja memasukkan fitur tersebut. 

“Nama alatnya Autoadapt yang diimpor dari Swedia. Alat ini sampai masuk ke kendaraan saya karena keinginan papa. Beliau melihat nenek saya sudah kesusahan kalau mau keluar masuk kendaraan. So jadilah kita impor alat ini,” jelas Ritchie. 

Dari yang awalnya hanya untuk kebutuhan pribadi, ternyata Autoadapt ini ada beberapa yang berminat. Maka diputuskan untuk jadi distributor, dengan bendera PT Hidup Berkat Rahmat Anugerah di Jl. S Parman, Jakbar. Balik lagi ke Mazda2 milik Ritchie, mengadopsi fitur ini bukan berarti tanpa pengorbanan. Jok sisi penumpang kudu dicopot dan langsung pensiun dini. 

Itu karena dudukan pada Autoadapt enggak cocok dengan jok standar. Untuk urusan yang satu ini, salah satu jok pilihan yang bisa diaplikasikan adalah Recaro seri L. Butuh waktu lebih kurang 10-14 hari untuk mengaplikasikan perangkat ini. Soal harga yang harus ditebus dalam US Dollar, range-nya $17.500-$21.000. 

Inti dari pemasangan fitur tersebut, menurut Ritchie bahwa enggak perlu kendaraan besar untuk mengaplikasikannya. Mazda2 yang notabene jenis hatchback juga bisa pasang, meski hanya khusus pada jok depan jaja. 

Itu ubahan khusus yang dilakukan Ritchie pada kendaraanya. Secara global, tampilan Mazda2 ini juga mengalami ubahan dan utamanya bagian eksterior. 

Mulai dari bagian bodi dan apa yang dilakukan pada bagian ini terinspirasi dari tampang VW Golf Razor R. Berkaca pada model kendaraan itu juga, maka end muffler dibuat double. Pada sektor kaki-kaki, mengandalkan pelek ukuran 17 inci dengan lebar 7 inci dari Volk Rays. Ban yang membalut pelek seri G25 itu berlabel Accelera Beta 205/50R17. Lowering kit enggak main custom dari standar bawaan pabrik. Ritchie lebih memilih untuk mengganti part standar dengan aftermarket. 

Data Modifikasi Mazda2 Skyactiv A/T 2015: 
Ban: Accelera Beta 205/50R17 
Pelek: Rays Volk R17 inch 
Per: Tein 
Body kit: Custom End 
Muffler: Custom Shark Fin: J’s Racing 
Jok: Autoadapt Workshop: PT Hidup Berkat Rahmat Anugerah/0878-82192701 
Plus: Fitur Autoadapt bikin orang berkebutuhan khusus mudah keluar masuk kendaraan 
Minus: Eksterior kurang mendapat sentuhan modifikasi