JAMBI | Modifikasiplus.com, Kecintaannya pada tanah kelahirannya, sangat membara dalam lubuk hatinya, terlebih lagi atas nasehat dari orang tuanya sudah menjadi kewajibannya untuk selalu menjaga kebudayaan tanah leluhurnya. Atas dasar itulah, Fiandiyah selaku pemilik Mazda 2 Hatchback produk tahun 2011 membenahi kendaraan kesayangannya dengan modifikasi ala budaya Jambi. 

Tak tanggung-tanggung, agar kebudayaannya yang diadopsinya mengandung nilai yang sangat tinggi, dalam pengaplikasiannya Fian sapaan akrabnya mengadopsi konsep Hella Flush Culture, yaitu memperkenalkan kebudayaan nenek moyangnya dengan pengaplikasian yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Dianutnya konsep ini, karena Fian lebih suka mengambil faktor kesulitan yang tinggi dalam melakukan modifikasi, yang dinggapnya memiliki nilai kepuasan yang tak terkira.

Langkah pembenahan pertama di awali pada sektor kaki-kaki, dengan menanggalkan per standar, mencoba membenamkan velg Custom 16×8,5 depan dan 16×10 belakang. Namun, sempat mengalami kegagalan hingga dua kali, karena saat pelek offset -10 sudah masuk ke kolong fender, pelek menjadi miring. Kegagalan kedua, disebabkan hasil bubut pada offset nya miring atau tidak rata, menjadikan pelek tidak sempurna, sehingga harus dilakukan bubut kembali hingga offset 25 untuk depan dan belakang masih tetap offset 0. 

“Awalnya, karena tidak adanya per yang saya copot, saat berjalan kondisi mobil sangat tidak nyaman, dan sebagai solusinya aku aplikasikan chamber kit custom agar mobil tetap terasa nyaman dibawa berkendara, meskipu tanpa per,” imbuh Fian.yang mengaku selektif dalam memilih pelek yang diinginkan dan yang sesuai dengan konsep hella flush. Meski tidak pakai per, kenyamanan mobil saat dibawa berkendara masih tetap terjaga berkat tangan dingin Nanda Ban. 

Sisi eksterior menjadi sasaran berikutnya, body kit kastem di bagian bumper depan yang diturunkan sebanyak empat jari hingga hampir amblas menyentuh tanah dan mensejajarkan pelek yang menempel pada fender.

Tentu saja hal ini semakin memperkental tampilan Hella Flush pada tunggangannya dan pengerjaan bodi kit ini, Fian mempercayakannya pada Iqbal Jambi. Tak sampai disitu saja, warna dasar mobil yang berkelir hitam, juga dilapisi hiasan sticker bergambar pahlawan super hero, Superman dan mahluk Hulk yang terlihat sedang mengadu kekuatan. Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jambi, memang tak ada maksud apapun mengaplikasikan sticker tersebut, kebetulan saja kedua Hero tersebut merupakan tokoh idolaniya. 

Masuk ke dalam kabin, tak ada satupun aksesoris atau piranti beraroma modifikasi menempel di dalam kabin mobilnya. Agar mendapatkan hasil maksimal, Fian memboyong kuda besinya ke workshop Udin Jok. Mengandalkan interior bawaan pabrikan, pehobi olahraga ini melapisi seluruh bagian interior, baik jok, dashboard, doortrim, pilar A dan B serta plafon dengan lapisan kain batik khas Jambi yaitu Angsa Duo berwarna pink. Serta bordiran lambang propinsi Jambi di kedua head rest bagian depan. 

Sektor audio pun tak luput dibenahi, mengusung konsep SPL, Fian membenamkan seluruh perangkat SPL seperti speaker split, speaker Coaxial, subwoofer dengan mengandalkan head unit standar rancangan pabrikan. Agar perangkat audio tertata dengan rapi, Fian juga merakit box kosmetik yang juga diberikan lapisan kain Angsa Duo serta dua ekor patung angsa yang terbuat dari Acrylic. “Untuk saat ini saya sudah cukup puas dengan tampilan mobil, walaupun terbilang ceper, tapi mobil masih tetap nyaman di jalan, meskipun harus melalui perjuangan saat melintasi polisi tidur,” tambah Fian sambil tertawa. Dan ia juga mengaku butuh waktu selama tiga bulan untuk modifikasi secara keseluruhan. (Teks: Irianto |Foto: Cis) 

Special thanks to Allah SWT, Orang Tuah, My Diyah dan The Big Family Omletz SPESIFIKASI Mobil Mazda 2 Hatchback Tahun 2011 Pemilik Fiandiyah Eksterior Sticker, Custom bodi kit depan, Custom knalpot low rider Kaki – kaki velg Custom 16×8,5 depan dan 16×10 belakang, ban Accelera 195/45/16, Custom chamber kit, per Custom Interior full batik Jambi “Angsa Duo”, border Logo Propinsi Jambi Audio speaker split Venom Inteligent, speaker split Venom Block, speaker Coaxial Venom Diablo, subwoofer Venom VX2002, 2 pcs power 4channel Venom White Series, power monoblock Venom VD 2000, 2 pcs capasitor bank Venom VCD 2.0F